Friday, April 17, 2009

from the past : klappertart

klappertart

bahan :

400 ml susu cair

100 gram gula pasir

1/4 sendok teh garam

25 gram tepung maizena

40 gram tepung terigu

20 gram margarin

2 butir telur

1/2 sendok teh essens rhum (saya tidak pakai ini)

150 gram kelapa muda dikeruk lebar

25 gram kenari dicincang kasar

taburan :

15 gram kismis dipotong-potong

15 gram kenari dipotong-potong

1/4 sendok teh kayu manis bubuk

cara membuat :

rebus 300 ml susu (dari 400 ml susu), gula psir, dan garam sambil terus diaduk sampai mendidih, sisihkan.

larutkan tepung terigu, tepung maizen, dan sisa susu cari dan tuang kedalam rebusan susu sambil dimasak dan terus diaduk sampai meletup-letup.

angkat.

masukkan margarin dan diaduk sampai licin.

tambahkan berurutan telur, kelapa muda, dan kenari sambil diaduk rata.

tuang kedalam loyang.

letakkan loyang berisi adonan kedalam loyang lain lebih besar dan diisi sedikit air (steam bake atau au bain marie).

oven 20 menit dengan suhu 160 derajat celcius.

taburi dengan kenari dan kismis.

lanjutkan dioven selama 35 menit lagi sampai matang.

sajikan dengan ditaburi kayu manis bubuk.




sudah lama sekali saya suka dengan dessert yang ini. paduan antara kelapa muda yang lembut dan gurih dengan kismis yang sedikit asem. tapi saya belum pernah benar-benar memperhatikan bagaimana cara membuatnya. padahal saya sudah punya resepnya lama banget. lebih dari sepuluh tahun yang lalu. dan jarang sekali toko kue yang menjual klappertart.
resep yang sudah lama disimpan itu tidak untuk pemula -menurut saya - sebab jumlahnya yang besar. kali ini resep dari tabloid saji, resepnya pas banget untuk 10 mangkok alumunium foil. jadi tidak terlalu banyak untuk dibuat seandainya tidak jadi. saya mengganti kenaari dengan almond. adanya itu. jangan lupa, masih edisi menghabiskan isi kulkas dan lemari dapur.

No comments: