Saturday, May 09, 2009

cake pisang keju


roti favorit saya sejak kecil adalah roti pisang keju. dan bukan dari bakery mahal. namanya roti luwes. ada saat-sat saya merindukannya. pisang keju dari breadtalk, holland bakery, dan toko roti mahal lainnya tidak mampu menghilangkan kangen pisang keju roti luwes. sampai masa di SMA, saya minum segelas susu hangat dan sebuah roti pisang keju sebelum tidur. beberapa saat sebelum saya bekerja, saya membeli di pagi hari dan memakannya ditemani segelas susu. roti luwes ini dijual keliling kampung dan tidak hanya sekali dalam sehari. ada beberapa orang berbeda dengan jam berbeda. jadi kalau saya ketinggalan roti pagi, saya masih berharap dengan roti sore menjelang malam.
sebenarnya roti luwes solo ini bukan homemade lho. sebenarnya ada pabriknya yang cukup besar. hampir setahun yang lalu, saat mudik, saya membeli roti ini lagi dengan senang mengingat masa kecil dulu. saya perhatikan ada yang berubah. dari segi kemasan. terlihat lebih baru dan bersih. tidak seperti dulu yang diwadahi kantong kertas bekas. sekarang sudah dibungkus plastik. hampir semua jenis rotinya saya suka. pisang coklat, pisang keju, isi kacang, nenas, atau bolu kukusnya. sekarang sulit dikatakan, apakah saya suka karena rotinya memang enak atau karena alasan sentimentil masa kecil dulu.
yang saya buat ini jelas bukan roti. saya belum punya cukup niat untuk membuat adonan roti yang makan banyak tenaga dan waktu. meskipun saya suka roti. katanya siy, untuk moxer listrik dengan kekuatan besar, bisa membuat adonan roti juga. meski pada dasarnya buttercake, karena putih dan kuning telurnya dikocok terpisah, dan tidak ada tambahan cairan, hasil akhir cakenya tidak berat dan padat. lebih lembut dan lebih ringan.


cake pisang keju
bahan :
225 gram butter (mentega)
150 gram gula halus
4 butir telur dipisahkan kuning dan putihnya
200 gram tepung terigu
2 sendok makan maizena
4 buah pisang ambon dihaluskan dengan garpu sesaat sebelum dimasukkan kedalam adonan
200 gram keju cheddar diparut kasar
25 gram keju cheddar diparut lebih halus untuk taburan



cara membuat :
panaskan oven dan siapkan loyang loaf.
kocok mentega dan 100 gram gula halus sampai lembut dengan mixer listrik.
tambahkan kuning telur satu persatu sampai menjadi adonan yang kental rata.
sisihkan dulu.
dalam wadah terpisah, kocok putih telur sampai mengembang tetapi tidak kaku dan memasukkan sisa gula halus secara bertahap. sisihkan dulu.
masukkan tepung terigu dan maizena yang sudah diayak bersama secara bertahap kedalam adonan mentega. aduk rata.
tambahkan putih telur yang sudah dikocok kedalam adonan.
kemudian masukkan 200 gram keju parutnya.
aduk rata seluruhnya.
tuang kedalam loyang dan beri taburan keju parut.
panggang sampai matang.









untuk hasil terbaik, sebaiknya keju parut yang untuk taburan, ditaburkan setelah sekitar 15 menit adonan dipanggang. sebab kalau dilakukan bersamaan, hasilnya seperti foto diatas, keju parutnya sudah gosong dan kemripik (hehehe ... ) tapi cake belum sepenuhnya matang. tampilannya jadi sedikit gelap yah? saya sebenarnya sudah pernah kejadian begini, tetapi saya sering lupa kalau menyisihkan pekerjaan untuk nanti. saya pernah sudah memotong kismis kecil-kecil untuk ditaburkan belakangan setelah cake agak keras. akhirnya malah lupa. setelah cake dikeluarkan dari oven, kismisnya masih di mangkok. yah :p

No comments: