Saturday, May 09, 2009

fruit cake & lapis kelapa pandan

fruit cake ini dibuat untuk menggunakan fruit mix hasil hunting yang jauh disana. resepnya dari serial cake dasar saji. ternyata memang benar teknik orang sana, kalau mau christmas, fruit cake ini dibuah jauh hari sebelumnya. sebab makin lama makin enak. apalagi kalau diperciki dengan rhum. tapi fruit cake saya sudah habis. entah saya yang salah membuat atau memang rasanya begini : agak keras, padat (tentu saja banyak fruit mixnya dan tidak direndam rhum sebab saya terlarang dengan alkohol), dan sedikit beremah. lucunya lagi. loyang tulban yang dipakai sudha saya olesi dengan margarin. tetapi ada saja sisa yang lengket. jadi pas keluar dari loyang tidak utuh sempurna. menjengkelkan.

yang ini dibuat karena sudah kangen dengan rasa indonesia. sebagian tepung terigu diganti dengan bubuk kelapa instant dan ditambah dengan kelapa kering instant yang diblender agak halus plus santan instant juga. jadi dominan rasa kelapa. supaya warnanya lebih menarik, adonan dibagi menjadi dua bagian. salahsatunya ditambah 3 tetes pasta pandan. jadi wangi pandan dan kelapa. banyak yang suka. bagaimana pun,lahir dan besar di indonesia. lidahnya tetap lebih familiar dengan cake rasa indonesia.

cake kelapa & pandan
bahan :
200 gram margarin
150 gram gula halus
3 butir telur
100 gram kelapa kering instant diblender halus
150 gram tepung terigu
200 ml santan instant (kara)
3 lembar keju
3 tetes pasta pandan


cara membuat :
panaskan oven dan olesi loyang loaf dengan margarin (taburi tepung terigu juga supaya tidak lengket seperti cake saya kemarin).
kocok margarin dan gula halus sampai lembut dan putih dengan mixer listrik.
masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok menjadi adonan yang kental.
matikan mixer dan tambahkan tepung terigu dan kelapa kering bergantian dengan santan sambil diaduk sampai rata seluruhnya.
tuang setengah adonan kedalam loyang.
susun keju lembaran diatasnya.
teteskan pasta pandan ke setengah adonan sisanya. aduk rata.
tuangkan sisa adonan diatas keju lembaran dan panggang sampai matang.









No comments: