Monday, May 11, 2009

my first black forest




akhirnya kesampaian juga niat mencoba alat baru hasil hunting : cake leveler. tetapi entah karena tangannya belum terampil atau sebab lain, hasilnya irisannya belum serapi yang diharapkan. tetapi, berhubung blackforest memang seperti 'hutan", tidak terlalu mengganggu penampilan. kurang cerah sebab tidak punya red cherry yang biasanya menutup keseluruhan rangkaian prosedur membuat blackforest. tadinya mau diganti strawberry. tetapi strawberrynya sudah layu dan kisut. jadi hanya krim dan serutan coklat saja.

resepnya dari buku "terampil membuat cake dan pastry" dari yasaboga. minggu lalu saya membeli dua buku dari yasaboga. satu lagi, tentang variasi cheesecake. penjelasannya membuat saya menemukan jawaban kenapa strawberry cheesecake buatan saya tidak mulus. bagus kok, buku-bukunya. penjelasannya mudah dimengerti dan foto-fotonya bagus. untuk pemula seperti saya, sangat membantu. saya jadi kepengen hunting buku-bukunya yang lain.

so far, blackforest ini, dengan tambahan red cherry dan lilin, sudah representatif untuk celebration atau hadiah. ya nggak? bytheway, resep blackforest ini tidak membutuhkan banyak telur. mixer kecil masih kuat mengaduk sampai putih mengembang. tetapi tidak kaku banget. sudah cukup berjejak dan gelembungnya habis. tentu buanyak sekali resep blackforest. lainkali mungkin coba resep lain yah :p sebagai perbandingan. tetapi lidah asia menyukai jenis cake yang lembut dan umumnya membutuhkan banyak telur.

No comments: