Tuesday, April 28, 2009

rasa tiramisu


kangen sama kukusan. saya siapkan loyang kotak untuk tiramisu kukus ini. setelah adonan lapisan pertama dituang, baru sadar kalau loyangnya nggak muat di kukusan kecil. hue hehehe. akhirnya cepat-cepat nyiapin loyang lain-bulat. syukurlah jadinya empuk dan rasa kopi. resep aslinya di http://supjagungmanis.blogspot.com punya mbak deetha. sudah dipotong-potong dan sebagian dimasukin kotak bekal, eh, baru inget belum difoto.

Sunday, April 26, 2009

lapis sukade kukus


kangen dengan kukusan. rasa kue yang dikukus kan lebih lembab, lembut, sedikit lebih padat, dan tidak seret. tadinya mau buat moscovis kukus. tapi rasanya tidak cukup energi untuk membuat berlapis bagus. jadi 2 lapis saja dengan sukade.
lapis sukade kukus
bahan :
3 butir telur
100 gram gula pasir
150 gram tepung terigu
50 gram tepung santan
200 ml santan instant
50 gram sukade warna-warni
cara membuat :
panaskan dandang atau kukusan dan bungkus tutupnya dengan serbet bersih.
siapkan loyang bulat 18 cm.
kocok telur dan gula sampai mengembang dan putih.
masukkan tepung terigu secara bertahap bergantian dengan santan.
aduk rata dengan hati-hati.
tuang setengah bagian adonan kedalam loyang.
kukus sampai 10 menit.
taburi dengan sukade dan tuang seluruh sisa adonan.
kukus lagi sampai matang sekitar 30 menit lagi.

homemade lemper

setelah sekian lama nguplek resep kue, kangen makanan biasa yang terasa lebih familiar di lidah. dan ternyata "laku keras". resepnya dari buku cooking with love- tribute to bunda inong almarhumah. lemper ini dicetak di loyang kotak. terus diiris-iris baru dibungkus daun pisang dan dikukus sebentar. tadinya sudah mau diniatin belajar membungkus lemper dengan daun. ternyata kerajinan tangan model begitu perlu latihan. mleyak-meleyok sithik lah :p
bunda blogger yang diluar negeri ada yang kreatif. selain dicetak di loyang (daun pisangnya tidak ada yang jual apa yang nanem kan), dibuat berlapis seperti opera cake. ketannya juga diwarnai dengan pasta pandan segala. sip deh.
by the way, isian lemperku sudah enak sayangnya masaknya terlalu kering. jadi susah diatur pas diiris. mberudhul kemana-mana. next time better lah.

Saturday, April 25, 2009

LASAGNA


saking terpikat dengan acara a la chef-nya mbak farah quinn, yang beberapa waktu lalu bikin vegetable lasagna, kaya'nya kok enak dan mudah dan cepat membuatnya. ternyata namanya juga chef, jauhlah dari yang amatir begini.

resep lasagna ini dari buku SAJI serial 20 kreasi pasta. tidak persis plek. ada bumbu yang nggak punya. kalau mau beli khusus juga sayang, wong jarang juga bikinnya. lumayan siy. amatir gitu. kaya'nya pastanya yang dipakai mbak farah itu berbeda dengan saya pakai. yang dipakai mbak farah langsung dipanggang tanpa direbus setengah matang dulu. terus ada rasa bayamnya. katanya ada rasa yang lain juga. belinya dimana yah? di supermarket yang besar-besar disini sudah dicari, tidak ada yang kaya' punya mbak farah.

Thursday, April 23, 2009

MASAK BARENG YUUK : kue talam






setelah beberapa membuat blog dan mencoba resep, saya ingin ikut bergabung dengan event-event blogger lainnya. kue talam ini resep aslinya dari " kreasi hidangan dari jagung" tapi dibuka-buka lemari dapur kok nggak ada maizena. akhirnya diganti dengan tepung beras. wah, malah cocok dengan tema masak bareng kali ini. bisa ikut kan?
kue talam sari jagung
bahan :
lapisan kuning
7 buah jagung disisir-dibersihkan-diblender dengan sedikit air-diperas- disaring sehingga mendapatkan 300 ml sari jagung
60 gram tepung beras
40 gram tepung kanji
75 gram gula pasir
sedikit vanili
sedikit garam
lapisan putih
150 ml santan instant
60 ml air panas
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung kanji
sedikit garam
cara membuat :
untuk lapisan kuning
aduk semua bahan sampai larut rata
untuk lapisan putih
aduk semua bahan sampai rata
panaskan kukusan
olesi cetakan talam dengan sedikit minyak
tuang adonan kuning sampai 3/4 tinggi cetakan dan kukus selama 10 menit atau setengah matang
tuang adonan putih diatas adonan kuning, beri taburan kismis (karena jagung manis sudha habis diblender dan tidak ada sisa untuk taburan) dan kukus seluruhnya selama 20 menit atau sampai matang

Tuesday, April 21, 2009

strawberry cheese cake

ini resep strawberry cheese cake dari " kue-kue favorit femina" jaman dahulu kala. harganya masih empat belas ribu rupiah. saya sudah menyimpannya bertahun-tahun.
semalam saya membongkar rak buku dan menemukannya lagi. ternyata, jauh-jauh tahun lalu, saya sudah menyimpan buanyak buanget buku resep masakan dan kue. tetapi saat itu, karena sebagian besar hadiah dan blass nggak kepikir bakalan masuk dapur, cuma menumpuk di rak buku. menemani buku-buku lain yang lebih saya sukai untuk disimpan.
sekarang saya merasa beruntung masih menyimpannya. saya menemukan resep-resep lama dan bisa membandingkan teknik-teknik membuat kue jaman dulu dengan sekarang. atau mungkin penulisan resep jaman dulu dan sekarang.


saya masih penasaran dengan japanese cheese cake. dari blog walking, memang beberapa mengalami pengalaman seperti saya. hasilnya tidak langsung enak dan indah. enak mungkin. tetapi mungkin basah atau bentuknya kurang mulus. akhirnya saya mengumpulkan tekad untuk membuat lagi. sebab menurut saya, cake ini memerlukan banyak persiapan. atau karena belum biasa membuat jadi kesannya ribet banget.
mumpung gantengku cintaku sedang ada yang membantu mengasuh, jadi bisa 'dijauhkan' dari dapur, coba lagi ah :p
ternyata musti sabar banget yah. setelah matang saya sudah kemrungsung pengen menghias dengan setup strawberry. lalu tragedi. cake-nya mleyak-mleyok. seharusnya tunggu dan sabar beberapa menit sebelum dibalik dan dipindah ke piring saji. bagaimana pun, setiap kali baking memang selalu ada pelajaran baru.
oh, ya. tetangga saya ternyata ada yang suka baking. nyaris level profesional. sudah menggunakan mixer besar dan sering ikut kursus baking di jakarta. saya juga diajak-ajak. wah, pengen juga siy, tapi kok jauh dan mana bisa seharian nguplek kursus. beberapa waktu lalu ngadain demo bikin kue dirumahnya. tetapi saya tidak bisa ninggalin rumah lebih 2 jam tanpa dibuntuti. papanya si ganteng musti cuti dan ada satu tante yang disayang untuk membuatnya bermain seharian tanpa mencari mamanya. kapan yah?

cake kelapa muda

beberapa minggu terakhir ini saya sering "biduren". terjemahannya apa yah? pokoknya gatal-gatal yang muncul tidak tentu baik lokasi maupun waktunya. jadi saya sibuk menebak-nebak sebab musababnya supaya bisa minum obat yang sesuai. sampai sekarang tidak jelas penyebabnya. sudha sembuh dengan satu tablet mini yang pengaruhnya luar biasa. gatal seketika lenyap-ngantuk terus selama 3 hari- kepala terasa sangat berat sampai rasanya mau kejengkang saja.
karena obat yang ajaib tadi sudah menghilangkan gatal tetapi kepala jadi berat, saya putuskan kembali ke selera asal. biasanya air kelapa muda terutama yang hijau bisa menyembuhkan keluhan ini. jadinya selama 3 hari berturut-turut saya minum air kelapa muda sebanyak mungkin.
daging kelapa mudanya sebagian sudah jadi klappertart dan sebagian jadi cake yang mau ditulis ini dan sebagian lagi masih beku di freezer. mungkin klappertart lagi. atau talam. atau kue lumpur. tergantung nanti saja.

cake kelapa muda
200 gram margarin
150 gram gula halus
3 butir telur
250 gram tepung terigu
60 ml santan instant
300 gram daging kelapa muda (dari 2 kelapa muda)
almond iris untuk taburan
cara membuat :
panaskan oven
siapkan loyangnya
daging kelapa muda bisa diseduh air panas dan ditiriskan dulu supaya tidak mudah basi
kocok margarin dan gula halus dengan mixer listrik sampai lembut dan berubah warnanya
masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok sampai kental
matikan mixer dan gunakan sendok kayu untuk mengaduk
masukkan tepung terigu bergantian dengan santan instant
tambahkan kelapa muda
aduk rata seluruhnya
tuang kedalam loyang yang sudah disiapkan
taburi almond iris
panggang sampai matang


Sunday, April 19, 2009

KEMUNING

akhirnya saat yang saya nantikan sejak dua tahun yang lalu pun tiba. pohon kemuning saya berbunga banyak sekali. cantik dan wangi semerbak ke seluruh penjuru terutama menjelang fajar.
saya suka sekali dengan kemuning. dulu sekali -dua puluh tahun yang lalu- keluarga kami menanam pohon kemuning juga di halaman yang hanya sepetak. ketika musim berbunga nyaris tidak terlihat daunnya. seluruhnya bertabur bunga-bunga putih kecil yang wangi. dengungan lebaj-lebah akan terdengar sampai pagi.
cantik kan?



Hikayat Bunga Kemuning

http://dwpbuenosaires.blogspot.com/2007/01/hikayat-bunga-kemuning.html
Dahulu kala, ada seorang raja yang memiliki tujuh orang puteri yang cantik-cantik. Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana. Tetapi ia terlalu sibuk dengan kepemimpinannya, karena itu ia tidak mampu untuk mendidik anak-anaknya. Istri sang raja sudah meninggal dunia ketika melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Puteri-puteri Raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi diantara mereka.
Había una vez un Rey que tenía siete hijas bonitas. El Rey fue conocido como un Rey muy prudente. Como el Rey siempre estaba muy ocupado no era posible para educar a sus hijas. Su esposa había fallecido cuando trajo al mundo a su última hija y por eso las hijas fueron educadas por una ayudante en el palacio. Las hijas eran muy mimadas, a ellas siempre les gustaba jugar en un lago y no querían estudiar ni ayudar a su papá. Muchas veces se peleaban entre ellas.
Ketujuh puteri itu dinamai dengan nama-nama warna. Puteri Sulung bernama Puteri Jambon. Adik-adiknya dinamai Puteri Jingga, Puteri Nila, Puteri Hijau, Puteri Kelabu, Puteri Oranye, Puteri Merah Merona dan Puteri Kuning, Baju yang mereka pun berwarna sama dengan nama mereka. Dengan begitu, sang raja yang sudah tua dapat mengenali mereka dari jauh. Meskipun kecantikan mereka hampir sama, si bungsu Puteri Kuning sedikit berbeda, Ia tak terlihat manja dan nakal. Sebaliknya ia selalu riang dan dan tersenyum ramah kepada siapapun. Ia lebih suka bepergian dengan inang pengasuh daripada dengan kakak-kakaknya.
El Rey a sus hijas les dio nombres de colores. La más grande de ellas se llamaba Princesa Rosa. Las siguientes de sus hijas se llamaban Princesa Violeta, Princesa Verde, Princesa Gris, Princesa Naranja, Princesa Roja y Princesa Amarilla. Los vestidos que ellas usaban iban acorde con sus nombres. Si bien el Rey era un poco viejo pudo conocerlas desde lejos. Aunque todas ellas eran muy bellas, la Princesa Amarilla tenía especiales características. Ella no se veía mimada pero siempre se portaba bien y también estaba siempre feliz. A todas las personas que ella encontraba siempre les sonreía. Por otro lado, ella prefería salir con su ayudante más que sus hermanas.
Pada suatu hari, raja hendak pergi jauh. Ia mengumpulkan semua puteri-puterinya. "Aku hendak pergi jauh dan lama. Oleh-oleh apakah yang kalian inginkan?" tanya raja. "Aku ingin perhiasan yang mahal," kata Puteri Jambon. "Aku mau kain sutra yang berkilau-kilau," kata Puteri Jingga. 6 anak raja meminta hadiah yang mahal-mahal pada ayahanda mereka. Tetapi lain halnya dengan Puteri Kuning. Ia berpikir sejenak, lalu memegang lengan ayahnya. "Ayah, aku hanya ingin ayah kembali dengan selamat," katanya. Kakak-kakaknya tertawa dan mencemoohkannya. "Anakku, sungguh baik perkataanmu. Tentu saja aku akan kembali dengan selamat dan kubawakan hadiah indah buatmu," kata sang raja. Tak lama kemudian, raja pun pergi.Un día el Rey tenía que ir muy lejos, esto significaba un largo viaje. El hizo una reunión familiar y les pregunto a sus hijas que querían de regalo para cuando volviera. Una de ellas quería joyas caras, la otra quiso telas brillantes. En general las sies hijas prefirieron cosas especiales, mientras que la Princesa Amarilla solamente quiso que su papá regresara con buena salud. Esto provocó mucha risa de sus hermanas. Pero el Rey apreció mucho lo que dijo y aseguró que iba a regresar con un regalo bonito para ella.Selama sang raja pergi, para puteri semakin nakal dan malas. Mereka sering membentak inang pengasuh dan menyuruh pelayan agar menuruti mereka. Karena sibuk menuruti permintaan para puteri yang rewel itu, pelayan tak sempat membersihkan taman istana. Puteri Kuning sangat sedih melihatnya karena taman adalah tempat kesayangan ayahnya. Tanpa ragu, Puteri Kuning mengambil sapu dan mulai membersihkan taman itu. Daun-daun kering dirontokkannya, rumput liar dicabutnya, dan dahan-dahan pohon dipangkasnya hingga rapi. Semula inang pengasuh melarangnya, namun Puteri Kuning tetap berkeras mengerjakannya.Durante la salida del Rey, las princesas tuvieron problemas de conducta. Por ejemplo no ayudaban a ordenar las cosas del palacio, decían malas palabras a la ayudante y hacían que ésta haga lo que ellas quisieran. Por esta razón la ayudante no pudo limpiar el jardín del palacio. La Princesa Amarilla estaba muy triste porque el jardín era un lugar muy querido de su papa, el Rey. Sin duda, y aunque la ayudante no le permitía ayudar, a la Princesa Amarilla sin importarle tomaba la escoba y empezaba a limpiar las hojas secas que había en el jardín.
Kakak-kakak Puteri Kuning yang melihat adiknya menyapu, tertawa keras-keras. "Lihat tampaknya kita punya pelayan baru,"kata seorang diantaranya. "Hai pelayan! Masih ada kotoran nih!" ujar seorang yang lain sambil melemparkan sampah. Taman istana yang sudah rapi, kembali acak-acakan. Puteri Kuning diam saja dan menyapu sampah-sampah itu. Kejadian tersebut terjadi berulang-ulang sampai Puteri Kuning kelelahan. Dalam hati ia bisa merasakan penderitaan para pelayan yang dipaksa mematuhi berbagai perintah kakak-kakaknya.
Las hermanas al verla barrer a la Princesa Amarilla, se reían fuertemente y decían que ya tenían una nueva ayudante. “Ayudante, acá hay muchas cosas para limpiar”, dijo una de sus hermanas tirando un trozo de basura. De esta forma, el jardín nunca podía estar limpio. La Princesa Amarilla, al escuchar las palabras que decían sus Hermanas, mantuvo la calma y continuó con su tarea.
Esto paso muchas veces hasta que la Princesa Amarilla pudo comprender lo que sentia la ayudante cuando sus hermanas se burlaban de ella.
"Kalian ini sungguh keterlaluan. Mestinya ayah tak perlu membawakan apa-apa untuk kalian. Bisanya hanya mengganggu saja!" Kata Puteri Kuning dengan marah. "Sudah ah, aku bosan. Kita mandi di danau saja!" ajak Puteri Nila. Mereka meninggalkan Puteri Kuning seorang diri. Begitulah yang terjadi setiap hari, sampai ayah mereka pulang. Ketika sang raja tiba di istana, kesembilan puteri nya masih bermain di danau, sementara Puteri Kuning sedang merangkai bunga di teras istana. Mengetahui hal itu, raja menjadi sangat sedih. "Anakku yang rajin dan baik budi! Ayahmu tak mampu memberi apa-apa selain kalung batu hijau ini, bukannya warna kuning kesayanganmu!" kata sang raja.
“Ustedes están yendo muy lejos… Papá no debería traerles nada porque siempre están molestando a la ayudante” dijo la Princesa Amarilla enojada. La Princesa Violeta sin interés respondió.….”Listo, nos vamos al bañar en el lago” dejándola sola a la Princesa Amarilla. Asi pasaron los días hasta que llego el Rey. Cuando llego el Rey, las nueve princesas estaban bañándose en el lago mientras que la Princesa Amarilla estaba arreglando las flores. El Rey le dijo a la Princesa Amarilla…. “Querida hija, no pude traerte un collar con piedra de color amarillo como a ti te gusta pero pude traerte una de color verde….espero que te guste.”
Raja memang sudah mencari-cari kalung batu kuning di berbagai negeri, namun benda itu tak pernah
ditemukannya. "Sudahlah Ayah, tak mengapa. Batu hijau pun cantik! Lihat, serasi benar dengan bajuku yang berwarna kuning," kata Puteri Kuning dengan lemah lembut. "Yang penting, ayah sudah kembali. Akan kubuatkan teh hangat untuk ayah," ucapnya lagi. Ketika Puteri Kuning sedang membuat the, kakak-kakaknya berdatangan. Mereka ribut mencari hadiah dan saling memamerkannya. Tak ada yang ingat pada Puteri Kuning, apalagi menanyakan hadiahnya. Keesokan hari, Puteri Hijau melihat Puteri Kuning memakai kalung barunya. "Wahai adikku, bagus benar kalungmu! Seharusnya kalung itu menjadi milikku, karena aku adalah Puteri Hijau!" katanya dengan perasaan iri.
El Rey estuvo buscando un collar con piedra de color amarillo en todo el país, pero no lo encontró. La Princesa Amarilla dijo a su papá que no se preocupara, porque la piedra verde es también bonita y aclaró ”Mira, esto queda muy bonito con mi vestido amarillo. Además, lo más importante para mi era que tú regresaras. Yo voy a hacer el té caliente como a ti te gusta. Mientras la Princesa Amarilla estaba haciendo el té las hermanas llegaron. De pronto ellas buscaban sus regalos sin importar el regalo de la Princesa Amarilla. Al día siguiente la Princesa Verde encontró a la Princesa Amarilla y le dijo celosamente ”querida hermanita que lindo collar tienes! Pero esto quedaría mejor en mi vestido verde“.
Ayah memberikannya padaku, bukan kepadamu," sahut Puteri Kuning. Mendengarnya, Puteri Hijau menjadi marah. Ia segera mencari saudara-saudaranya dan menghasut mereka. "Kalung itu milikku, namun ia mengambilnya dari saku ayah. Kita harus mengajarnya berbuat baik!" kata Puteri Hijau. Mereka lalu sepakat untuk merampas kalung itu. Tak lama kemudian, Puteri Kuning muncul. Kakak-kakaknya menangkapnya dan memukul kepalanya. Tak disangka, pukulan tersebut menyebabkan Puteri Kuning meninggal. "Astaga! Kita harus menguburnya!" seru Puteri Jingga. Mereka beramai-ramai mengusung Puteri Kuning, lalu menguburnya di taman istana. Puteri Hijau ikut mengubur kalung batu hijau, karena ia tak menginginkannya lagi.
“Papá me lo dio a mi, no a ti” respondió la Princesa Amarilla. Al escuchar esto, la Princesa Verde se enojó y se dirigió directamente a buscar a sus hermanas para hablar mal de ella y dijo que la Princesa Amarilla sacó el collar que tenía piedra verde del saco del papá. Vamos a enseñar a ella para que se porte bien. Entonces ellas tenían pensado sacarle el collar. Un rato después, cuando apareció la Princesa Amarilla sus hermanas le dieron un golpe fuerte, que sin intención de lastimarla, mató a la Princesa. ….Inmediatamente las hermanas tuvieron que pensar como eliminar su cuerpo sin dejar rastros, es por ello que decidieron enterrarla, junto con el collar verde, en el jardín favorito de su papá.
Sewaktu raja mencari Puteri Kuning, tak ada yang tahu kemana puteri itu pergi. Kakak-kakaknya pun diam seribu bahasa. Raja sangat marah. "Hai para pengawal! Cari dan temukanlah Puteri Kuning!" teriaknya. Tentu saja tak ada yang bisa menemukannya. Berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, tak ada yang berhasil mencarinya. Raja sangat sedih. "Aku ini ayah yang buruk," katanya." Biarlah anak-anakku kukirim ke tempat jauh untuk belajar dan mengasah budi pekerti!" Maka ia pun mengirimkan puteri-puterinya untuk bersekolah di negeri yang jauh. Raja sendiri sering termenung-menung di taman istana, sedih memikirkan Puteri Kuning yang hilang tak berbekas.
Cuando el Rey buscaba a la Princesa Amarilla, nadie pudo decir en donde estaba. Las hermanas estaban calladas y el Rey muy enojado dijo “Busquen a los soldados y que la encuentren!” Pasaron días, semanas, meses y nadie pudo encontrarla. El trabajo de los soldados no dio resultado. El Rey estaba muy triste y dijo asimismo que era un padre muy malo…y por eso que mandó a sus hijas a otro lugar, fuera del palacio, para aprender más sobre la vida. El Rey al estar solo en el palacio y sin su hija la Princesa Amarilla se sentía solo y muy triste.
Suatu hari, tumbuhlah sebuah tanaman di atas kubur Puteri Kuning. Sang raja heran melihatnya. "Tanaman apakah ini? Batangnya bagaikan jubah puteri, daunnya bulat berkilau bagai kalung batu hijau, bunganya putih kekuningan dan sangat wangi! Tanaman ini mengingatkanku pada Puteri Kuning. Baiklah, kuberi nama ia Kemuning.!" kata raja dengan senang. Sejak itulah bunga kemuning mendapatkan namanya. Bahkan, bunga-bunga kemuning bisa digunakan untuk mengharumkan rambut. Batangnya dipakai untuk membuat kotak-kotak yang indah, sedangkan kulit kayunya dibuat orang menjadi bedak. Setelah mati pun, Puteri Kuning masih memberikan kebaikan.
Un día en el jardín del palacio una planta muy atractiva creció. Tanta era su belleza que hizo que el Rey se acercara a verla. Al hacerlo pudo ver que sus ramitas como la capa de su hija la Princesa Amarilla tenían la misma forma, a su vez las hojas eran redondas tal como la piedra verde del collar que su padre le regaló. Tambien las flores de color blanco y amarillo eran muy aromáticas. Esta planta le trajo recuerdos al Rey de su hija. Por esta razon, el Rey decidió llamarla “KEMUNING”, que quiere decir en idioma indonesia pintado de color amarillo.
Luego de observar la planta el Rey se sintió aliviado y feliz, porque esta planta no solo traía buenos recuerdos sino que su flor podía servir como perfume para el pelo, con sus ramas se podía hacer bonitas cajas y con la piel del mismo se usaba para hacer polvo de maquillaje. Esta flor hoy en día es muy conocida por su gran utilidad. Aunque la Princesa Amarilla ya no esté, su buena imagen siempre vive en la vida de su padre y de nosotros.
Moralidad : Cuando una semilla es buena y crece ante cualquier obstaculo la fruta siempre sera muy util.Copyright© PT Bangun Satya Wacana (Gramacom) 2005dan di terjemahkan ke bahasa Spanyol Oleh Ibu Nindarsari Utomo dan Sdr Santiago




Kemuning
(Murraya paniculata [L..] Jack.)
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=116


Sinonim := M. banati Elm. = M. exotica, Linn. = M. exotica var. sumatrana Koord. et Val. = M. glenieli Thw. = M. odorata, Blanco. = M. sumatrana, Roxb. = Chalcas paniculata, Linn. = C. camuneng Burm.f. = C. intermedia, Roem. = Connarus foetens, Blanco, = C. santaloides, Blanco.

Familia :Rutaceac


Uraian :Kemuning biasa tumbuh liar di semak belukar, tepi hutan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Kemuning dapat ditemukan sampai ketinggian ± 400 m dpl. Variasi morfologi besar sekali. Yang biasa ditanam untuk memagari pekarangan, biasanya jenis yang berdaun kecil dan lebat. Semak atau pohon kecil, bercabang banyak, tinggi 3 - 8 m, batangnya keras, beralur, tidak berduri. Daun majemuk, bersirip ganjil dengan anak daun 3 - 9,. letak berseling. Helaian anak daun bertangkai, bentuk bulat telur sungsang atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata atau agak beringgit, panjang 2 - 7 cm, lebar 1 - 3 cm, permukaan licin, mengilap, wamanya hijau, bila diremas tidak berbau. Bunga majemuk berbentuk tandan, 1 - 8, warnanya putih, wangi, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Buah buni berdaging, bulat telur atau bulat memanjang, panjang 8 - 12 mm, masih muda hijau setelah tua merah mengilap, berbiji dua.

Nama Lokal :Kamuning (Sunda), kemuning, kumuning (Jawa).; Kajeni, kemuning, kemoning (Bali), kamoneng (Madura),; Kamuning (Menado, Makasar), kamoni (Bare), palopo (Bugis).; Kamuni (Bima). eseki, tanasa, kamone, kamoni (Maluku).; Jiu li xiang, yueh chu (China), Orange jessamine (Inggris).;
Penyakit Yang Dapat Diobati :Radang buah zakar (orchitis), radang saluran napas (bronkhitis), ; Infeksi saluran kencing, kencing nanah, keputihan, sakit gigi,; Haid tidak teratur, lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, ; Nyeri pada tukak (ulkus), kuli kasar, memar akibat benturan,; Rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, ekzema,; Bisul, koreng, epidemik encephalitis B, luka terbuka di kulit.;
PEMANFAATAN :
BAGIAN YANG DIGUNAKAN :
Daun, ranting dan akar. Kulit batang juga berkhasiat obat.

INDIKASI :
Daun dan ranting berguna untuk mengatasi:
- radang buah zakar (orchitis), radang saluran napas (bronkitis), infeksi
saluran kencing, kencing nanah,
- keputihan,
- datang haid tidak teratur,
- lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, nyeri pada tukak (ulkus),
sakit gigi,
- kulit kasar.

Akar berguna untuk mengatasi:
- memar akibat benturan atau terpukul, nyeri rematik, keseleo,
- digigit serangga dan ular berbisa, bisul, ekzema, koreng.
- epideniik encephalitis B.

Kulit batang berguna untuk mengatasi:
- sakit gigi, nyeri akibat luka terbuka di kulit atau selaput lendir (ulkus).

CARA PEMAKAIAN :
Akar dan daun kering sebanyak 9- 1 5 g atau daun segar sebanyak 30-60 g, direbus atau direndam arak, lalu rninum. Untuk pemakaian luar, daun segar dipipis lalu diletakkan pada tempat yang sakit, atau direbus, airnya untuk cuci.

CONTOH PEMAKAIAN :
1. Bisul
Akar kemuning kering sebanyak 30 g dicuci dan dipotong-potong
seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya
tersisa l gelas. Setelah dingin disaring Lalu diminum. Sehari 2 kali,
masing-masing 1/2 gelas.

2. Rematik, keseleo, memar :
Akar kemuning kering sebanyak 15 - 30 g dicuci Lalu dipotong-
potong seperlunya. Tambahkan arak dan air masing-masing 1 1/2
gelas, Lalu direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring,
Lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

3. Memar :
Kemuning dan kaca piring, masing-masing daun segar, sama banyak,
dicuci lalu digiling halus.Tambahkan sedikit arak sambil diaduk di
atas api. Hangat-hangat ditempelkan pada bagian tubuh yang
memar.

4. Nyeri rematik sendi :
Akar kemuning dan akar tembelekan (Lantana camara) dicuci,
tambahkan 3 pasang kaki ayam. Semua bahan dipotong-potong
seperlunya Lalu tambahkan air secukupnya sampai terendam.
Semua bahan tersebut Lalu ditim. Hangat-hangat lalu airnya diminum
sekaligus.

5. Sakit gigi :
Minyak yang keluar dari kulit batang kemuning yang dibakar
diteteskan ke dalam gigi yang berlubang.

6. Melangsingkan badan :
Daun kemuning segar dan daun mengkudu (Morinda citrifolia)
masing-masing segenggam penuh dan temu giring sebanyak 1/2 jari
kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil
diaduk merata. Peras dengan sepotong kain. Air yang terkumpul
diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan.

7. Radang buah zakar:
9 Daun kemuning segar sebanyak 60 g dan herba sambiloto
sebanyak 35 g dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai
airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali
sehari, masing-masing ½ gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

8. Infeksi saluran kencing:
Daun kemuning segar sebanyak 35 g dicuci lalu tambahkan 3 gelas
air bersih. Rebus sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin
disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

9. Datang haid tidak teratur :
Daun kemuning dan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) masing-
masing bahan segar sebanyak 1/2 genggam, rimpang temulawak 1
jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air
bersih Lalu direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin
disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

10. Kulit kasar
Daun kemuning segar sebanyak 30 g dicuci Lalu ditumbuk sampai
lumat. Tambahkan air bersih 1 gelas sambil diaduk rata. Bahan
tersebut lalu dilulurkan pada kulit sebelum tidur.

CATATAN :
- Di luar negeri sudah dibuat obat paten dengan nama Tongzhongling.
- Kapsul prolipid juga mengandung tumbuhan obat ini.
Komposisi :KANDUNGAN KIMIA : Daun kemuning mengandung cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tanin, dan coumurrayin. Kulit batang mengandung mexotioin, 5-7-dimethoxy-8- (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Sedangkan bunga kemuning mengandung scopeletin, dan buahnya mengandung semi-ec-carotenone. Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : 1. Infus daun kemuning dengan dosis 1.000 mg serbuk/kg bb mencit albino pada percobaan analgesik dengan bahan pembanding asetosal 52 mg/kg bb, memberikan efek analgesik (Pudjiastuti, dkk., Cermin Dunia Kedokteran No.59, 1989). 2. Infus daun kemuning dengan dosis 210 mg, 420 mg dan 840 mgl 200 g bb diberikan per oral pada tikus sesaat sebelum penyuntikkan 0,2 ml larutan karagenin 1 % dalam NACI fisiologis secara subplantar (zat pembuat udern buatan). Pada infus daun kemuning dengan dosis 840 mg/200 g bb menunjukkan efek anti-inflamasi mendekati natrium diklofenak dengan dosis 8 mg/200 g bb yang digunakan sebagai pembanding (Farida Ibrahim, Jubeini, Katrin, Rosrini, Jurusan Farmasi FMIPA Ul - warta Perhipba No.Lllll, Jan-Maret 1995). 3. Infus daun kemuning 10%, 20%, 30%, 40% sebanyak 0,5 ml pada mencit dapat menurunkan berat badan secara bermakna (Ika Murni Sugiarti, Jurusan Biologi FMIPA UNAIR, 1990).





banana yoghurt cupcakes

banana yoghurt cupcakes
bahan :
225 gram butter alias mentega
100 gram gula halus
3 butir telur
200 ml yoghurt yang kental dan tawar (thick creamy yoghurt)
3 buah pisang ambon ukuran medium yang benar-benar matang dihaluskan
300 gram tepung terigu
sedikit sukade merah untuk taburan (atau bahan taburan lain yang dimiliki)

cara membuat :
panaskan oven dan siapkan cetakan muffin atau papercup
kocok mentega dan gula halus sampai lembut dan putih
masukkan telur satu persatu dan terus dikocok sampai menyatu dan kental seperti krim
matikan mixer dulu
haluskan pisang ambon dengan garpu
masukkan pisang ambon halus dan kocok dengan mixer lagi sampai halus
matikan mixer
tuang secara bertahap dan bergantian antara tepung terigu dan yoghurt diakhiri dengan tepung terigu
aduk rata seluruhnya
tuang kedalam cetakan
taburi dengan sukade merah
panggang sampai matang

Friday, April 17, 2009

from the past : klappertart

klappertart

bahan :

400 ml susu cair

100 gram gula pasir

1/4 sendok teh garam

25 gram tepung maizena

40 gram tepung terigu

20 gram margarin

2 butir telur

1/2 sendok teh essens rhum (saya tidak pakai ini)

150 gram kelapa muda dikeruk lebar

25 gram kenari dicincang kasar

taburan :

15 gram kismis dipotong-potong

15 gram kenari dipotong-potong

1/4 sendok teh kayu manis bubuk

cara membuat :

rebus 300 ml susu (dari 400 ml susu), gula psir, dan garam sambil terus diaduk sampai mendidih, sisihkan.

larutkan tepung terigu, tepung maizen, dan sisa susu cari dan tuang kedalam rebusan susu sambil dimasak dan terus diaduk sampai meletup-letup.

angkat.

masukkan margarin dan diaduk sampai licin.

tambahkan berurutan telur, kelapa muda, dan kenari sambil diaduk rata.

tuang kedalam loyang.

letakkan loyang berisi adonan kedalam loyang lain lebih besar dan diisi sedikit air (steam bake atau au bain marie).

oven 20 menit dengan suhu 160 derajat celcius.

taburi dengan kenari dan kismis.

lanjutkan dioven selama 35 menit lagi sampai matang.

sajikan dengan ditaburi kayu manis bubuk.




sudah lama sekali saya suka dengan dessert yang ini. paduan antara kelapa muda yang lembut dan gurih dengan kismis yang sedikit asem. tapi saya belum pernah benar-benar memperhatikan bagaimana cara membuatnya. padahal saya sudah punya resepnya lama banget. lebih dari sepuluh tahun yang lalu. dan jarang sekali toko kue yang menjual klappertart.
resep yang sudah lama disimpan itu tidak untuk pemula -menurut saya - sebab jumlahnya yang besar. kali ini resep dari tabloid saji, resepnya pas banget untuk 10 mangkok alumunium foil. jadi tidak terlalu banyak untuk dibuat seandainya tidak jadi. saya mengganti kenaari dengan almond. adanya itu. jangan lupa, masih edisi menghabiskan isi kulkas dan lemari dapur.

Thursday, April 16, 2009

apple cake for very hot weather

buat tante unis yang sedang di paris setelah keliling perancis naik mobil, have aja yah. hati-hati. kalau sempat ketemu komputer dan nyambung internet, googling aja soal masjid. sebenarnya ada ibu blogger yang di paris. dan masjid itu mustinya disiapin dari rumah. sebab kalau sudah disana, banyak acara, repot musti nyari. bagaimana pun, di daerah yang muslim sebagai minoritas, mencari masjid memang susah. nggak usyah jauh ke eropa, di bali aha musti nanya-nanya dan sedikit kesasar.
soal skype, lha nyambung internetnya tidak tentu jeh. oom shawn juga nanya. mana jam disini dan disana kan beda. dasare lemot di matematika. malah bingung. kita tunggu saja oleh-olehnya saja yah :D



oh, ya. balik ke cake. ini apple cake yang kesekian kali. belum sepuluh kali loh :p pokoke sedap. dikasih cream cheese edisi menghabiskan makanan di kulkas dan lemari dapur. maksa banget deh.
apple cake
bahan :
150 gram margarin
150 gram gula halus
250 gram cream cheese
3 butir telur
250 gram tepung terigu
2 buah apple fuji yang besar - dicuci - dikupas - diiris tipis
sedikit kayu manis
sedikit gula pasir
cara membuat :
panaskan oven
siapkan loyang bulat sekitar 22 cm diolesi margarin agak tebal
kocok margarin dan gula halus dengan mixer listrik sampai lembut dan gulanya larut
masukkan cream cheese dan kocok terus sampai menyatu
masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok
matikan mixer dan tambahkan tepung terigu sambil diaduk dengan sendok kayu perlahan-lahan sampai rata
tuang setengah adonan kedalam loyang
susun irisan apel diatasnya
taburi dengan kayu manis dan gula pasir
tuang sisa setengah adonan
susun lagi apel dan ditabur dengan kayu manis dan gula halus
panggang sampai matang
eh, ya. itu yang di foto kedua, bukan hantu loh :p itu anakku berusaha menjilat cake yang masih panas dan mamanya sedang berusaha menjadi stylish makanan. he hehe ..

puding roti

lama-lama pengen juga bikin cemilan yang tidak mengeluarkan banyak peralatan dapur. terus dibaca-baca, puding roti kaya'nya enak juga. apalagi masih ada stok alumunium foil yang kecil. akhrinya dibuatlah puding roti ini. aslinya resep puding roti dari kraft. tetapi berdasarkan isi lemari dapur jadinya tidak persis sama. 'jalan-jalan' di blog lain kaya'nya sama juga. tergantung isi kulkas.


message for friends by cake ketan hitam

for snooky doodles cake : i am so bad at computer (math too) so i do not know how to bla bla with this blog. i am just learning to do this. by the way, i can help you to translate any recipes you want try from here. i am writing in bahasa indonesia because my english is not good enough to explain indonesian cakes recipes. i think it's slightly different between indonesian cakes and american or european cakes. thank you for coming by.

biasanya ketan hitam dikukus saja. kali ini saya mencoba memanggangnya. ternyata enak juga. apalagi ditambahkan coklat leleh yang cukup banyak. edisi menghabiskan isi lemari dapur. tepi-tepi kuenya beremah tetapi dalamnya berpori dan empuk.

cake ketan hitam
bahan :
6 butir telur
250 gram gula palem
1 sendok teh emulsiifier
250 gram tepung ketan hitam
200 gram margarin
225 gram dark cooking chocolate (DCC)
cara membuat :
tim margarin dan DCC sampai meleleh kemudian sisihkan dulu.
panaskan oven dan siapkan loyang kotak 20 X 20 X 7 cm (diolesi margarin atau dialas kertas).
kocok gula, telur, dan emulsifier dengan mixer listrik sampai mengembang (jujur saja, kemarin saya mengocok tidak sampai kaku dan berjejak tetapi mengembang).
masukkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diayak dan diaduk dengan spatula atau sendok karet atau kayu.
masukkan campuran margarin dan DCC perlahan-lahan agar adonan telur tidak ambles lagi.
panggang sampai matang (karena saya memakai oven yang super kecil nangkring di kompor, perlu waktu 1 jam lebih 15 menit untuk membuat cake ini matang benar).
test kematangan dengan menusuk kue dengan lidi. kalau lidi keluar bersih atau kering, berarti kue sudah matang.




Wednesday, April 15, 2009

chocolate & strawberry





hari ini tukang strawberry keliling langganan saya, datang lagi. tak inget-inget sudah hampir 2 minggu tidak datang. tapi strawbery tidak tumbuh di daerah ini. jadi bisa saja karena cuaca dan pertaniannya jauh, tidak ada strawberry yang sampai disini.

saya suka strawberry. padahal tidak selamanya rasanya manis. kadang bisa aseem luar biasa. tetapi saya tetap kepincut kalau melihat strawberry. baik itu di supermarket atau di kaki lima - kalau sedang di bandung misalnya. saya senang luar biasa ketika beberapa tahun yang lalu bisa beli strawberry di pasar dekat danau kintamani di bali. harganya jauh lebih murah dibanding biasanya di supermarket. apa daya, satu-satunya tempat yang menjual strawberry di daerah saya dulu, hanya supermarket.

beberapa waktu kemudian saya bisa beli strawberry di pasar paling besar di kota. strawberry lokal hasil dari kebun yang letaknya tidak jauh dari daerah saya. tempatnya memang tinggi dan tentu saja sejuk. sampai sekarang saya belum pernah sampai di kebun strawberry itu. persisnya dimana juga tidak tahu. strawberry yang di pasar - strawberry lokal- umumnya buahnya lebih kecil. warnanya tidak semerah segar yang ada di supermarket dijual dengan harga mahal. rasanya siy, menurut saya, tidak jauh beda.

setelah asyik belajar membuat kue, saya mencari-cari resep cake yang menggunakan strawberry. tetapi sejauh ini, yang ada hanya penggunaan selai strawberry atau pasta strawberry atau hanya untuk garnish saja. jarang yang menggunakan strawberry segar. banyak siy resep pudding strawberry.

pernah juga siy, nekad membuat dari strawberry segar diblender. jadi susu dalam resep diganti jus strawberry segar. ternyata, tanpa bantuan bahan tambahan, warna cake tidak semerah dan sebagus aslinya. saya sendiri belum pernah mencoba lagi dan mencari pewarna yang hasilnya paling mendekati warna aslinya.

Tuesday, April 14, 2009

cupcake tape ketan hitam

yang dilatar belakang itu banana cupcakes. tidak dikasih resep dan komentar lah wong sudah sering banget posting banana bread, banana cupcake, banana cake dan another series of bananas.
cupcake tape ketan hitam
bahan :
150 gram margarin
200 gram gula halus
2 butir telur
200 gram tepung terigu
200 gram tape ketan hitam beli jadi alias siap pakai

cara membuat :

panaskan oven dan siapkan loyang muffin dengan mengolesinya margarin atau kertas kue.

tiriskan tape ketan hitam -kalau perlu diperas sampai berkurang kadar airnya menjadi minimum.

kocok margarin dan gula halus sampai lembut dan memucat warnanya.

masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok dan adonan menjadi kental seperti krim.

tambahkan tepung terigu secara bertahap sambil diaduk dengan sendok kayu sampai rata.

masukkan tape ketan sambil diaduk sampai rata.

tuang kedalam loyang.

panggang sampai matang.

catatan :

saya sudah dua kali membuat cupcake tape ketan ini dua hari berturut-turut. dan hasilnya selalu meluber dan meluap merusak pemandangan. padahal kertas kuenya cantik - polkadot. saat membuat yang kedua, saya sudah mengurangi jumlah adonan menjadi sekitar 3/4 penuh. masih meluber juga. huh. jadi sebaiknya maksimum 2/3 penuh saja. mungkin karena tape ketan -seperti tape singkong juga- ada raginya yang punya efek fermentasi. ini teori saya lho :p jelas tidak bisa dipertanggungjawabkan wong tanpa ditest dan hanya berdasarkan pengalaman pribadi.




saya tidak suka tape ketan. entah kenapa. mungkin saat kecil dulu, ketika lebaran dan berkunjung ke beberapa saudara yang tinggal jauh didusun, selalu ada tape ketan. bisa hijau bisa hitam. sayangnya tidak selalu enak. kadang ada bagian yang menurut saya masih mentah. nglethis. selamat menerjemahkan deh :p


sampai bertahun-tahun kemudian saya tetap tidak mau makan tape ketan. hijau putih hitam sama saja. kemudian entah persisnya kapan. dirumah mama ada tape ketan kiriman dari kerabat. kali ini rasanya bersahabat. saya mencoba dengan menambahkan air panas dan sedikit gula. sebab menurut ingatan lidah saya saat kecil dulu, rasanya bisa aseeemmm luar biasa. dikasih es batu dengan sedikit syrup juga mengurangi pengalaman traumatis dengan tape ketan.
lalu kenapa sekarang saya membuat cupcake dengan tape ketan? menurut pengalaman hidup saya, semakin banyak yang disukai (baca : syukuri) dalam hidup, semakin mudah dan nyaman hidup yang dijalani. semakin banyak yang tidak disukai dan dihindari, semakin lelah dan semakin bosan menjalani hidup ini.
setelah browsing di internet, saya memutuskan untuk memakai resep biasa tetapi dengan extra ingredient : tape ketan. saya membelinya di supermarket. tape ketan hijau dan tape ketan hitam. keduanya rasanya asam. tapi nantinya -menurut saya- akan tertutup dengan bahan lain dalam kue, tidak akan terasa tajam rasa asemnya. malah saat dipanggang, bau wangi tape ketan menyebar.

Sunday, April 12, 2009

a piece of pineapple cake


masih ada nenas kalengan. dulu laper mata - beli banyak -pengen bikin pineapple upside down cake. sudah 3-4 kali bikin. hasilnya lumayan siy. lainkali coba lagi dengan nenas segar.
cake yoghurt lapis nenas
bahan :
150 gram margarin
200 gram gula halus (lagi pengen manis niy)
3 butir telur
200 ml yoghurt yang kental (cimory yang plain)
250 gram tepung terigu
1 kaleng nenas ditiriskan dari airnya
cara membuat :
panaskan oven
siapkan loyang bulat atau kotak yang lebar min 22 cm
olesi dengan margarin dan diberi kertas kalau mau
tata nanas yang sudah ditiriskan didasar loyang kemudian sisihkan
kocok gula dan margarin dengan mixer listrik sampai lembut dan halus
masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok menjadi seperti krim
matikan mixer
tambahkan tepung terigu bergantian dengan yoghurt sambil diaduk rata
tuang sepertiga adonan keatas susunan nenas didalam loyang
tata lagi sisa nenas diatas adonan
tuang seluruh sisa adonan ke susunan nenas lapis kedua
panggang sampai matang
balik dengan nenas dibagian atas

Wednesday, April 08, 2009

for faraway birthday girl

happy birthday untuk tante unis yang jauh disana mana itu.
jangan kebanyakan makan keju. nanti sakit perut.
jangan lupa sms eyang kakung supaya tidak khawatir.
jangan lupa check ke federal express di mana itu. jauhlah.
menurut foto siy ini talam pisang. tapi katanya cemilan khas dari ternate, maluku sana. mereka menyebutnya pisang coe. resepnya dari primarasa femina jaman dulu kala. sayangnya lapisan putihnya itu lupa tidak dikasih pasta pandan. jadinya polos semua. rasanya manis gurih. kan ada santannya banyak. oh, ya. seharusnya ada kenari tapi berhubung nggak punya yah, disetip saja.



Monday, April 06, 2009

birthday cupcakes

selamat ulang tahun ya, pak guru. semoga tetap jadi guru yang lucu dan disayangi murid-muridnya. kalau ada muridmu yang nakal, cobalah berkaca, dan ingat-ingatlah apa yang kamu lakukan kepada guru-guru kita dulu, sekitar 25 tahun yang lalu. dengan begitu, muridmu tidak akan mendapat omelan atau hukuman yang tidak perlu.
begitu pula kalau anak-anakmu ada yang sedikit berulah. ingatlah apa saja yang kamu lakukan saat kecil dulu. buktinya ibundamu sekarang gemuk sejak kau tinggalkan rumahnya pindah kerumahmu sendiri :-P padahal dulu kurus saking capeknya mengurus anak bungsunya yang luar biasa banyak idenya hue he he ... :)
semoga selalu sehat dan bahagia.
tetaplah menjadi sahabatku yang selalu percaya bahwa aku bisa (bisa mengarang, bisa menulis buku, bisa punya kantor sendiri, bisa lulus kuliah tepat pada waktunya, dan bisa-bisa yang lainnya).
bytheway anyway busway, aku menghias cuppies ini niat lho, pak. lha wong bunganya itu aku beli dari "luar negeri". import itu. selamat menikmati. jangan berebutan dengan anak-anakmu sendiri yah. salam untuk keluarga. jangan lupa, kalau bikin tumpeng dan ingkung, bagi ke aku, esti, dan bibah. kami menunggu yah!



baked macaroni

anakku dinyatakan kurang gizi oleh "beberapa dokter" (you know what i mean, right, shawn?) . padahal saya sudah mencoba semua cara yang saya tahu baik dari buku, majalah, internet, bertanya, dan sebagainya, bagaimana menumbuhkan selera makan anak. saya jadi terpaksa masuk dapur. kadang masak beberapa jenis. dan jelas itu belum berhasil sebab anakku masih kurus menurut ukuran umum seusianya.
yang anakku suka cuma nasi thok, mie (rebus atau goreng), pasta, dan bubur ayam. saya sudah berusaha menyelipkan variasi diantara menu itu tetapi paling dilepeh. pusyyiing. nah, mbak vania, kelihatannya tidak mengalami kesulitan dengan selera makan anak-anaknya. mungkin resepnya patut dicoba. akhirnya dibuatlah resep macaroni ini. syedap dan mudah. si mbak dirumah sudah langsung bisa. ternyata, meski masih sedikit, anakku mau juga makan macaroni versi yang ini. dibawah dikopi paste langsung dari aslinya. terima kasih, mbak vania, sudah berbagi resep mudah dan enak ini.
buat tante unis, selamat mencoba resep ini yah. kalau di zurich eh fribourgh eh tulisane piye ya, ada beraneka rupa keju, pasti resep ini patut dicoba dengan menggunakan beberapa jenis keju. lha jelas tante unis harus belajar dulu membedakan berbagai jenis keju dan kegunaannya yah. tanya sama om gregory toh. sayangnya kejunya nggak bisa dipaketin ke cilegon ya. kalau bisa, mama pasti sudah nyoba beraneka resep italian. kemarin beli buku resep le cordon blue terbitan periplus. baca ingredientnya aja sudag magep-magep. belum masaknya.


Baked Macaroni
http://v-recipes.blogspot.com/2005_06_01_archive.html
225 gr elbow macaroni50 gr margarine2 cloves garlic, minced100 gr onion, finely chopped50 gr flour500 ml milkPinch of salt1 tsp pepper1/2 tsp nutmeg powder300 gr sausages, mushrooms (chopped), corned beef (totally 300 gr)5 eggs, lightly beaten125 gr grated cheddar cheese

1. In a large pot of boiling water, cook the macaroni according of package directions until firm-tender. Drain & transfer to a large bowl. Preheat the oven to 180C2. Meanwhile, in a large nonstick skillet, heat the margarine over moderate heat. Add the garlic & onion, saute until tender. Add flour & stir until well combined. Gradually add the milk, stirring until combined. Stir in the salt, pepper & nutmeg, stirring until the sauce is lightly thickened, & add sausage, mushroom, corned beef & eggs. Stir until combined. Finally, add the macaroni & mix together.3. Transfer to a 13x9 inch baking dish, sprinkle with cheddar cheese. And bake for 50 minutes-1 hour or until the color become brown-yellow.

fruit cake in cups




akhirnya nemu juga namanya fruit mix. di titan di jakarta yang jauh disana itu. karena sudah lama dikulkas, akhirnya dibikin kue juga. light fruit cake sebab isinya hanya fruit mix. tidak pakai kacang-kacangan. saya menebak, tidak akan 'laku' kalau isinya padat banget seperti seharusnya resep fruit cake. ternyata oh ternyata, hasilnya maniiissss banget. minimal menurut versi saya. yah, lainkali, takaran gulanya dikurangi saja. seperti biasa.


tapi berhubung cup dan taburannya sama saja seperti yang lain-lain, tampilannya tidak istimewa juga. yah, biarin siy, yang penting sudah dihabiskan dengan bantuan tetangga sebelah.

Saturday, April 04, 2009

oatmeal muffins

punya oatmeal kelihatannya tinggal sedikit. mau dibuat bubur, si kecil sudah nggak mau lagi. dulu lumayan suka kalau dibuatin bubur oatmeal. papanya makan oatmeal biasanya buat sahur di bulan puasa saja. sehat, kenyang, mudah dibuat, dan cepat saji. tetapi bulan puasa kemarin, karena saya sudah ikut puasa penuh lagi, masakan dibuat lebih dari biasanya. sebab saya masih menyusui. supaya kualitas asi tetap baik, asupan juga mesti baik. jadinya oatmeal tidak terlalu penting lagi.
balik ke oatmeal, akhirnya dibuat muffin saja. resepnya dicontek abis dari mbak vania di mumbay sana. mana pagi ini gelap mendung kelabu dan hujan gemericik. enak dimakan hangat. ternyata hasilnya empuk tuh. enak.
Snickerdoodle Mini Muffins

Topping
1/3 granulated sugar
1 tsp ground cinnamon

Muffin
1-1/2 cup all-purpose flour
1 cup oats (quick or old fashion, uncooked)
1/2 cup granulated sugar
1 tbsp baking powder
1 cup fat free milk
1 egg, lightly beaten
4 tbsp (1/2 stick) margarine/butter, melted
1 tsp vanilla.
Heat oven to 400°F. Spray bottoms only of mini muffin pan cups with cooking spray.
For topping, combine sugar and cinnamon in small bowl; mix well and set aside.
For muffins, combine flour, oats, sugar and baking powder in large bowl; mix well. In small bowl, combine milk, egg, margarine and vanilla; blend well. Add to dry ingredients all at once; stir just until dry ingredients are moistened. (Do not overmix.)
Fill muffin cups two-thirds full. Sprinkle topping evenly over tops of muffins.
Bake 12 to 14 minutes or until light golden brown. Cool muffins in pan on wire rack 5 minutes; remove from pan. Serve warm.3 Dozen.

To prepare regular-size muffins, line 12 medium muffin pan cups with paper baking cups or spray bottoms only with cooking spray. Prepare muffin batter as directed above. Fill muffin cups almost full. Sprinkle with topping. Bake 18 to 22 minutes or until light golden brown. Cool muffins in pan on wire rack 5 minutes; remove from pan. Serve warm.





Friday, April 03, 2009

horeee ... bolu kukusku mekar!

happy belated birthday, shawn.
i am sorry for being late. i don't know the time difference between here and there. i was so happy today because i did these bolu kukus!
akhirnya akhirnya akhirnya ...
bolu kukusku mekar semua! bagian bawahnya tidak basah dan tidak mengkerut. kuenya lembut dan tidak seret. pokoke berhasil. he he he ... "-) tambah seneng lagi karena anakku juga suka!
oh, ya. masih polos putih sebab katanya kalau masih pertama, adonan yang berwarna itu suka bikin berat dan nggak mau mekar. lagipula saya tidak terlalu suka yang berwarna. kadang ada rasa pahit setelah beberapa lama. lainkali air sodanya saja yang diganti yang berwarna. kan sekarang ada beraneka rupa. rasa strawberry, rasa blueberry, dan sebagainya.


bolu kukus
bahan :
2 butir telur (ditimbang 100 gram tanpa kulit)
200 gram gula pasir
275 gram tepung terigu
2 sendok teh emulsifier
250 ml air soda


cara membuat :
panaskan dandang atau kukusan sampai beruap banyak
siapkan serbet besar untuk membungkus tutup dandang agar air tidak menetes kedalam adonan
kocok telur dan gula dan emulsifier sampai benar-benar putih dan kaku
masukkan tepung terigu perlahan bertahap sambil diayak bergantian dengan air soda diaduk dengan sendok kayu saja
aduk rata seluruhnya
tuang kedalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapis kertas kue
kukus 10 menit sampai matang


resep aslinya berwarna hijau dan memakai meises. bisa dibaca di buku serial saji "ragam kue tradisional" judulnya bolu kukus berbintik.


Wednesday, April 01, 2009

birthday cake for eyang kakung

selamat ulang tahun ya, eyang kakung.
semoga selalu sehat dan bahagia berdua dengan uti. maafkan kami, tidak ada disana. oom dokter sibuk mancing, tante dokter sedang siap-siap mau keliling eropa, dan papa belum bisa cuti. hadiah dari mama dilihat dari jauh saja. hadiah dari ahmad kan sudah dibacain alfatihah. hebat kan, ahmad sudah hafal alfatihah.


ini foto-foto hasil jepretan papa. kalau hasil foto mama pasti tidak seindah ini. nanti aslinya dibawain oom dokter. kalau ahmad tidak sibuk main yah :-)





carrot raisin orange cupcakes

adik-adikku sedang datang berkunjung. jadi mungkin ada yang tertarik dengan cupcakes rasa buah-buahan. supaya lebih sehat dan rasanya lebih segar. apalagi ada sebuah jeruk navel yang sudah seminggu diam di kulkas. tadinya mau buat fruit cake. kan sudah punya fruit mix. hasil shopping di titan, toko bahan kue yang terkenal di jakarta itu. tapi kaya'nya sayang kalau jeruk navel dan fruit mix dipakai bareng. jadi jeruk dengan wortel saja. kismis masih banyak. jadi masukkan juga ah :-p


carrot orange cupcakes
bahan :
200 gram margarin
200 gram gula halus
3 butir telur
250 gram tepung terigu
3 sendok makan kismis dipotong kecil-kecil
150 gram wortel yang diparut halus
1 buah jeruk navel
cara membuat :
rebus jeruk navel sampai kulit menjadi hampir transparan.
setelah agak dingin, belah jeruk, buang bijinya (kalau ada) dan haluskan dengan blender sampai lembut (hasil akhirnya kira-kira 200 ml bubur jeruk navel) dan sisihkan dulu.
panaskan oven.
siapkan cetakan mufin.
kocok margarin dengan gula halus sampai lembut dan pucat warnanya.
masukkan telur satu persatu dan pastikan sebelum memasukkan telur berikutnya, adonan sudah menjadi kental menyatu.
tambahkan tepung terigu secara perlahan bergantian dengan bubur jeruk navel.
masukkan kismis bergantian dengan wortel parut.
aduk seluruhnya samapi rata.
tuang kedalam cetakan.
panggang sampai matang.

strawberry cupcakes


strawberry cupcakes
bahan :
200 gram margarin
250 gram gula halus
150 gram selai strawberry
3 butir telur
250 gram tepung terigu
100 ml yoghurt rasa strawberry
1/2 sendok teh pasta strawberry
cara membuat :
panaskan oven dan siapkan kertas mufin tebal
kocok margarin dan gula halus sampai halus dan lembut
masukkan selai strawberry sambil terus dikocok sehingga menjadi adonan yang kental
tambahkan telur satu persatu
masukkan tepung terigu secara bertahap bergantian dengan yoghurt
aduk rata seluruhnya
tuang kedalam kertas mufin
panggang sampai matang