Sunday, May 03, 2009

JANGAN ASAL COPY PASTE : sourcream white cupcakes

sourcream white cupcakes
bahan dan cara membuatnya sama dengan sourcream choco cupcakes diposting sebelumnya. hanya berbeda jumlah tepung terigu. tidak ada coklat bubuknya kan. rasanya enak tuh ;0 hehehe. dipuji sendiri. oh, ya. niatnya dihias dengan buttercream dari toko ani. tapi karena terlalu lelah, banyak urusan di jakarta, lupa menyimpan dengan baik. malah nginep di bagasi mobil. weleh. jadinya sampai dirumah buttercreamnya sudah meleleh-leleh nggak keruan.





sebagai salahsatu blogger, jujur saja saya ikut sangat prihatin dengan banyaknya pencopetan foto-foto yang dibuat dengan sepenuh hati dari banyak blog dan diterbitkan tanpa tata krama. salahsatu yang saya bisa bantu hanya ikut berkampanye untuk tidak membeli buku-buku resep hasil bajakan.
belajarlah menghargai hasil karya dan hasil usaha orang lain. apa siy, susahnya meminta izin? menurut saya, kalau saja penerbit CAM BOGA yang sudah membajak itu, mau meluangkan waktu berpikir dan berusaha, kemudian meminta izin kepada para pemilik foto maupun resep, dan mencantumkan nama pemilik foto dan resep itu dalam buku yang diterbitkan, mereka akan dengan senang hati dan ikhlas memberikan. tidak hanya foto atau resep saja yang ada dalam blog, mereka pasti akan ikut berbagi ilmu sehingga buku resep yang diterbitkan lebih baik dalam mutu.
tentu saya ikut emosi. saya juga merasakan bagaimana jungkir balik belajar membuat kue, menghabiskan tenaga-waktu-pikiran-biaya untuk menghasilkan kue yang layak disajikan. belum lagi usaha membuat fotonya agar menjadi cantik dan sedap dipandang. dengan membuat blog ini, kami, para blogger, kalau saya bisa mewakili, memang berniat membagikan ilmu dan pengalaman kami. tidak ada ilmu yang bermanfaat kalau tidak dibagikan. tetapi bagaimana memintanya dengan baik tentu menjadi perhatian kami. pengalaman saya sendiri, saya meminta pendapat dan atau jawaban tentang resep, membuat log, membuat foto dalam blog, kepada blogger mana pun, sejauh ini selalu mendapatkan tanggapan yang positif. mereka meluangkan waktu menjawab pertanyaan saya dan dengan sennag hati membagikan ilmunya.
dengan niat baik kami semua, mengapa masih disalahgunakan? mengapa masih membajak? mengapa masih mengambil tanpa izin? begitu sulitkan mengangkat telpon, menulis email, meninggalkan pesan dalam blog, untuk meminta izin?
tetapi, siapa yang menabur angin akan menuai badai. jika menurutmu kamu bisa hidup dengan cara yang tidak halal, pastikan bahwa satu hari akan mendapatkan juga imbalan yang sama dengan yang kamu lakukan. kehidupan yang ada sekarang tidak hanya berakhir di dunia tetapi kelak akan tiba hari dimana semuanya dimintakan pertanggungjawaban. semoga kita tidak termasuk yang lalai dan lupa.
sebelum lupa, saya mengambil logo kampanye dari http://chefwannabe.wordpress.com yang menjadi salahsatu korban fotonya dibajak tidak untuk pertama kalinya. saran saya untuk semua yang dibajak, bersikaplah tegas kepada CAM BOGA dan tidak menyerah begitu saja. mintalah bantuan dari media massa nasional sebanyak yang didapat. agar tidak terjadi lagi pembajakan foto atau resep dari blog.

1 comment:

nienie said...

tadi udah nulis panjang, buat kasik komen. tapi kok kayaknya, gak bisa ditinggali pesan ya di blog ini.

salam kenal