Saturday, March 14, 2009

cake kedondong


pasti aneh membaca namanya. kedondong kok dibikin kue siy? emang enak? yah, kalau tidak dicoba, mana tahu kan. karena saya punya kedondong sisa bikin sayur asem, sebagian sudah matang, dan warnanya sudah kuning, menurut saya teksturnya mirip dengan labu kuning kalau masih mentah, apel atau wortel yang juga bisa dibuat kue. akhirnya saya mencuci, mengupas, memarut dengan parutan keju keempat kedondong tersebut. hasilnya sedikit lebih dari 1 cup parutan kedondong. saya pakai resep andalan dengan sedikit perubahan mengingat hasil pembersihan kulkas dan lemari dapur.
hasilnya manis dan asem plus sedikit agak menusuk kalau ada duri yang terselip masuk ke adonan. he he he ... tetapi asyik juga sebagai selingan dari sekadar cake yang manis atau asem saja. lagipula, saya kan bertekad banyak menggunakan buah dan sayur dari keranjang tukang sayur dalam cake. supaya lebih sehat dan lebih mudah mendapatkan bahan kuenya juga.












cake kedondong


bahan :


100 gram margarin


200 gram gula halus


3 butir telur


240 gram yoghurt yang kental tanpa rasa


250 gram tepung terigu


1 cup kedondong parut






cara membuat :


panaskan oven dan siapkan loyang (loyang setengah lingkaran yang bergelombang) dengan mengolesinya margarin
kocok margarin dan gula halus sampai lembut dan warnanya berubah lebih pucat
masukkan telur satu persatu dengan sebagian tepung terigu terus dikocok rata
tuang yoghurt bergantian dengan sisa tepung terigu dan diakhiri dengan tepung terigu
masukkan kedondong parut
aduk seluruhnya sampai rata
tuang kedalam loyang
panggang dengan cara steam bake sampai matang


No comments: