Tuesday, March 10, 2009

panen daun sirih
















dulunya saya menanam sirih ini, selain berkhasiat, saya ingin dapur saya yang ada diluar rumah sejuk dengan tanaman hijau tetapi tidak tertutup dinding tembok yang kaku. si mbak yang bertugas merawat tanaman -semuanya- rajin juga mendengarkan instruksi saya yang sebenarnya tidak terlalu mengerti soal tanaman.





saya hanya meminta menyiram secara rutin kecuali saat musim hujan dan memberi pupuk kandang secara periodik. hasilnya tanaman sirih saya sangat subur sampai helaian daunnya hampir selebar piring makan.
satu hari sahabat saya sejak kanak-kanak datang berkunjung, jauh dari luar pulau. lalu katanya, kalau mau saya bisa menjual daun sirih saya ke penjual jamu di pasar daripada hanya dibuang saja karena kelebihan produksi. dia juga menganjurkan saya untuk meminum air rebusan sirih setiap hari segelas untuk kesehatan. suami saya merasakan manfaat meminum air rebusan sirih ini dan akhirnya kami bertiga -saya, suami, dan si mbak- rajin meminum air rebusan ini setiap hari.
sirih dalam bahasa latin disebut piper. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Kegunaan
Batuk
Sariawan
Bronchitis
Jerawat
Keputihan
Sakit gigi karena berlubang (daunnya)
Demam berdarah
Bau mulut
Haid tidak teratur
Asma
Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
Gusi bengkak (getahnya)
Membersihkan Mata

Pemakaian Luar
Eksim
Luka bakar
Koreng (pyodermi)
Kurap kaki
Bisul
Mimisan
Sakit mata
Perdarahan gusi
Mengurangi produksi ASI
Menghilangkan gatal
Keterangan
Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam Iubang hidung.

Peringatan
Mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanser mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.
(dari wikipedia indonesia).
semakin sering dipotong dan disiangi, ternyata membuat pohon sirih ini jadi gundul. tetapi malah daunnya makin lebat. sayangnya, ada sebagian orang yang percaya kalau kelebatan sirih ini mengundang binatang berbisa untuk tinggal dikelebatan daunnya. itu sebabnya si mbak rajin memotong daun-daunnya sekiranya terlalu lebat.
beberapa bulan yang lalu, kelebatan daun sirih saya mengundang sepasang burung liar untuk membangun sarang, bertelur, menetaskan telurnya, dan mengasuh anak-anak burung sampai usianya untuk mandiri dan membangun sarangnya sendiri. saya takjub dengan kesibukan sepasang burung tersebut saat mencari tempat yang dirasa aman dan nyaman untuk membangun sarang, bekerja sama membangun sarang, mencari makan saat si betina mengerami telur, dan memberi makan anak-anaknya saat petang menjelang.
betapa besar kekuasaan Tuhan diperlihatkan dengan kesibukan sepasang burung tadi. bagaimana mereka bekerja sama saling bahu membahu membangun 'rumah tangganya' dan menuntaskan kewajibannya sebagai orangtua dengan melepaskan anak-anak ketika sudah saatnya menjadi mandiri. saya jadi berpikir bagaimana saya sendiri sebagai manusia dengan karunia akal sehat bahkan berpendidikan tinggi dalam menjalani kehidupan rumahtangga dan menjalankan peran saya sebagai istri dan ibu. akankah saya dan akankan kami berdua akan terus saling membantu dan bekerjasama? akankan saya dan akankah kami kelak selesai menuntaskan kewajiban kami sebagai orangtua?
semoga ...

No comments: