Saturday, March 14, 2009

cappucino loaf


karena masih belajar dan kalau di toko atau supermarket sering hunting bahan kue, akhirnya lemari dapur meluap. kemarin diadakan acara pembersihan dan seleksi bahan makanan supaya tidak penuh dan malah susah dicari kalau sedang dibutuhkan.
hasil bongkar membongkar menemukan sekotak besar adem sari yang sudah kadaluarsa 2 bulan yang lalu, ternyata margarin sudah tinggal sedikit, ternyata ada banyak tepung beras, dan sebagainya.
kemudian diputuskan untuk membuat kue berdasarkan bahan yang ada supaya tidak sampai kadaluarsa. sayang kan. salahsatu yang ternyata ada banyak di dapur adalah sachet minuman kopi dan cappucino instant. maka dicampurlah keduanya menjadi cake ini.
oh, ya. di kulkas juga ditemukan creme fraiche. saya sampai sudah lupa. dulu beli krim ini niatnya mau bikin kue apa. saking banyaknya resep yang pengen dicoba. seingat saya, dulu pernah krim ini ditambahkan di resep cupcake coklat dan hasilnya sedap. sama juga hasilnya dengan cappucino loaf ini. padat, lembut, dan wangi kopi.
cappucino loaf
bahan :
200 gram margarin
150 gram gula halus
1 sachet cappucino instant
1 sachet kopi instant duo
3 butir telur
200 gram creme fraiche
250 gram tepung terigu
choco chips untuk taburan
cara membuat :
panaskan oven dan olesi loyang loaf dengan margarin
kocok margarin, gula halus, dan 2 sachet minuman instant sampai lembut dan warnanya menjadi pucat
masukkan creme fraiche sambil dikocok rata
masukkan telur satu persatu
tambahkan tepungbterigu secara bertahap sambil diaduk rata
tuang kedalam loyang yang sudah disiapkan
taburi dengan choco chips
panggang sampai matang

No comments: