Thursday, January 29, 2009

banana cupbread



slurrrpp ...
saya akan menuliskannya dibawah ini dengan versi saya sebab ada bahan yang memang tidak ada di dapur. saya menyebutnya resep aduk-aduk sebab memang hanya diaduk dengan whisker. tidak perlu mixer. pisang yang bergizi dengan berbagai cara pilihan mengolahnya. saya membuatnya dalam cup supaya mudah untuk dibawa sebagai bekal ke kantor.






banana bread

ingredient :
120 ml minyak sayur (saya pakai minyak jagung)
150 gram gula pasir (aslinya brown sugar)
2 butir telur yang besar
4 buah pisang ukuran sedang yang sangat amat matang dihancurkan dengan garpu
185 gram tepung terigu (aslinya self raising)


method :
panaskan oven dan siapkan loyang atau cetakan mufin dialasi kertas
kocok telur, gula, dan minyak
masukkan pisang yang sudah dihancurkan
masukkan terigu sedikit demi sedikit
tuang ke dalam loyang
panggang selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang




note :
resep aslinya menambahkan kacang-kacangan dan kismis. karena saya tidak suka dan tidak ada, saya menggantinya dengan 100 gram keju cheddar yang diparut kemudian disisakan sedikit untuk taburan.
mengaduk adonan hanya sekedarnya asal campur saja supaya empuk dan tidak bantat.
menghancurkan pisang sebaiknya beberapa saat sebelum dimasukkan supaya warnanya tidak menghitam.
perhatikan tingkat kemanisan pisang dan menyesuaikan dengan takaran gula. pisang yang sangat matang umumnya lebih manis.

No comments: