Saturday, January 24, 2009

BOLU KUKUS & CETAKANNYA


tentunya sudah pada mengenali yang berderet itu cetakan bolu kukus. membaca banyak blog ternyata ada istilah 'kutukan bolu kukus'. malah makin penasaran. sebab bahan dan cara membuatnya 'terbaca' sederhana. akhirnya pas belanja bulanan mampir ke bagian peralatan kue. ketemulah dengan cetakan bolu kukus. beli 12 buah. sesuai dengan ukuran kukusan alias dandangnya. saya pilih yang kecil saja.



ternyata juga saya salahsatu yang terkena kutukan bolu kukus. saya mencoba membuat dengan resep bolu kukus 200 dari Bu Fatmah Bahalwan yang sering ditulis di berbagai blog. hasilnya seperti terlihat di foto. bolu kukusnya mekar belah empat tapi bagian bawahnya mengkerut bantat. ada apakah gerangan dikau bolu kukus? sulit mencari jawabannya. sebab ternyata tidak sedikit yang mencoba membuat bolu kukus dan hasil akhir yang diharapkan baru diperoleh setelah beberapa kali percobaan.




foto diatas adalah percobaan yang kedua. belum pernah mencoba membuat lagi sampai sekarang. sebab rasanya gondok banget melihatnya mekar bagus didalam dandang kemudian langsung mengkerut setelah dikeluarkan. semua tips yang pernah dibaca sudah dipraktekkan. hasilnya masih jauh.


2 comments:

panca rusmiani said...

Maaf mbak kalo boleh share, mungkin isi air kukusannya kebanyakan, jadi saat airnya bergolak kena adonan. Kmrn sy coba bikin dgn air 2 Ruas jari,dipanaskan saat telur sdh kental,ngga mengkerut bwhnya, selamat mencoba.. Salam bolkus :)

for the love of my life said...

terima kasih tipsnya ya, mbak, saya pasti coba lagi :)) terima kasih kunjungannya juga ya.